Tips Mencegah dan Mengurangi Rambut Rontok

Senin, 12 Juli 2010

Rambut merupakan mahkota bagi semua orang, terutama bagi wanita. Rambut yang bagus, terurai, hitam dan panjang pastinya menjadi dambaan bagi sebagian besar kaum hawa. Tetapi untuk mendapatkan rambut yang seperti itu tentu saja sangat sulit, apalagi rambut panjang dan hitam. Banyak yang mengatakan bahwa rambut panjang sarat dengan kerontokan.

Kerontokan rambut disebabkan oleh banyak hal, diantaranya keturunan, cat rambut yang tidak cocok, perawatan rambut yang salah dan masih banyak hal lain yang dapat menyebabkan rambut mengalami kerontokan. Nah, untuk mencegah dan mengurangi kerontokan rambut, berikut ini saya berikan beberapa tips atau cara alami yang dapat digunakan untuk mencegah dan mengurangi rambut rontok.

  1. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi. Contohnya yaitu telur, kacang kacangan, kedelai, ikan dan lain sebagainya. Zat protein sangat penting dan berguna untuk pertumbungan organ tubuh kita termasuk rambut.
  2. Olahraga yang teratur. Dengan kita berolahraga teratur, peredaran darah dalam tubuh kita akan lancar dan tentu saja hal tersebut sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut.
  3. Hindari stress yang berlebih, karena menurut banyak pihak, hal ini menjadi penyebab utama kerontokan rambut bagi banyak orang.
  4. Hindari penggunaan shampo yang menggunakan produk bahan kimia berlebih dan gunakan shampo yang terbuat dari bahan alami.
  5. Menyisir rambut dengan hati-hati, apalagi kalau rambut dalam keadaan basah karen rambut basah mudah rontok saat disisir.
  6. Jangan terlalu sering menarik-narik rambut.
  7. Jangan terlalu lama menggunakan helm atau topi karena akan menyebabkan rambut lembab dan mudah rontok.
  8. Kurangi dan hindari rambut terkena sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama.
  9. Jangan terlalu menggunakan hairdryer dan biarkanlah rambut Anda kering karena angin yang berasal dari udara terbuka.

Itulah beberapa tips atau cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengurangi kerontokan rambut secara alami. Masih banyak cara lain yang dapat digunakan agar rambut tetap sehat dan kuat. Jika ada yang mau menambahkan, silakan tambahkan dikolom komentar. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

ATRAP. Diberdayakan oleh Blogger.
 
 
 

Followers